Kelurahan Bandungrejosari

Wujudkan Malang Kota Sehat, Kelurahan Bandungrejosari Selenggarakan Pembinaan Pokja Sehat 2024

Wujudkan Malang Kota Sehat, Kelurahan Bandungrejosari Selenggarakan Pembinaan Pokja Sehat 2024*

Dalam rangka meningkatkan kapasitas serta kinerja kelompok kerja (Pokja) Sehat untuk mendukung terwujudnya Malang Kota Sehat, Kelurahan Bandungrejosari menyelenggarakan Sosialisasi Pembinaan Kelembagaan Pokja Sehat Tahun Anggaran 2024, bertempat di hotel Arya Gajayana Kamis (12/09/2024).

Sosialisasi yang merupakan bagian dari sub kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Kelurahan tersebut diikuti sekitar lima puluh peserta yang terdiri atas pengurus dan pegiat Pokja Sehat, LPMK, TP PKK Kelurahan, Babinsa serta Bhabinkamtibmas Kelurahan Bandungrejosari.

Dibuka oleh Lurah Bandungrejosari yang diwakili oleh Kasi Pemtramtib Sumartoyo, SE, sosialisasi menghadirkan dua narasumber dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang serta Puskesmas Janti.

Narasumber pertama, Sub Koordinator Sub Substansi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Kesehatan Olahraga Dinkes Kota Malang Agus Widodo, S.KM, M.Kes menjelaskan materi tentang Penguatan Tugas dan Fungsi Pokja Kelurahan Sehat.

Ia menjelaskan sembilan tatanan yang disepakati oleh masyarakat dan pemerintah daerah untuk menciptakan daerah yang bersih, nyaman, aman, dan sehat untuk dihuni.

Sembilan tatanan kota sehat tersebut adalah: 1) Kehidupan masyarakat, 2) Pemukiman fasilitas umum, 3) Satuan pendidikan, 4) Pasar, 5) Perkantoran dan perindustrian, 6) Pariwisata, 7) Transportasi dan tertib lalu lintas, 8) Perlindungan sosial, serta 9) Pencegahan dan penanggulangan bencana.

Sementara itu, narasumber kedua, Bidan Pelaksana Puskesmas Janti Siti Fatimah, A.Md. Keb. menyampaikan paparan tentang Peran Pokja Kelurahan sehat dalam rangka peningkatan indeks keluarga sehat masyarakat Kelurahan Bandungrejosari Kec. Sukun Kota Malang.

Selain paparan materi, kegiatan juga diselingi selingan gerak senam Maumere yang diikuti bersama-sama oleh seluruh peserta.*** (dmb)

Wujudkan Malang Kota Sehat, Kelurahan Bandungrejosari Selenggarakan Pembinaan Pokja Sehat 2024
Exit mobile version