Kelurahan Bandungrejosari

UNMER Malang Percantik Balai RW & Lakukan Sosialisasi Parenting di RW 13 Bandungrejosari Malang

UNMER Malang Percantik Balai RW & Lakukan Sosialisasi Parenting di RW 13 Bandungrejosari Malang

Malang, Jawa Timur – Sebanyak 20 mahasiswa Universitas Merdeka (Unmer) Malang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di RW 13 Kelurahan Bandungrejosari, Kota Malang. Kegiatan ini berlangsung selama 30 hari, dimulai dari tanggal 01 Agustus – 30 Agustus 2024. Adapun program kerja yang dilaksanakan adalah revitalisasi balai RW sebagai pusat kegiatan warga serta sosialisasi parenting terhadap orang tua wali murid di TK ABA 30, Kelurahan Bandungrejosari, Kota Malang.

 

Before After

Gambar 2 dan 3 : Foto Before-After Tampak Depan Balai RW

Salah satu program yang dilakukan oleh kelompok 08 KKN Unmer Malang adalah renovasi balai RW sebagai pusat kegiatan warga. Tim KKN melakukan sejumlah perbaikan berupa, pengecatan ulang dinding, mengganti pagar yang rusak dengan membangun pagar tembok yang dipercantik dengan pemasangan roster dan tanaman hias di atasnya, serta pembenahan taman, membuat tulisan dengan bahan akrilik di gapura balai, serta perbaikan lainnya.

 

Gambar 3: Pertemuan dengan Pak RW dan ketua Karang Taruna RW 13

Ketua RW 13, bapak Firman menyambut baik program ini. “Dengan adanya program revitalisasi ini, balai ini akan lebih enak dipandang, dan nyaman untuk digunakan,” tuturnya. Adapun beberapa kegiatan yang dilaksanakan di Balai RW 13 termasuk pertemuan warga, kegiatan Ibu-ibu PKK, kegiatan Posyandu balita maupun lansia, yoga ibu-ibu, dan beragam kegiatan lainnya.

Pemilihan Balai RW sebagai lokasi pelaksanaan pengerjaan proker fisik dikarenakan Balai RW terlihat kurang terawat, dengan beberapa bagian tembok yang rusak, berlumut, cat yang mengelupas, dan pintu kamar mandi yang sudah rusak serta pagar yang tidak berfungsi. Hal ini memberikan kesan yang kurang baik bagi warga setempat untuk melakukan aktivitas. Maka dari itu, diperlukan revitalisasi untuk memperbaiki kondisi tersebut, dengan tujuan menciptakan keindahan serta kenyamanan tersendiri bagi warga setempat yang akan menggunakan Balai RW tersebut.

 

Gambar 4: Foto Bersama Peserta Sosialisisasi                         Gambar 5: Dokumentasi Pelaksanaan

 

Selain revitalisasi Balai RW, tim KKN kelompok 08 juga melakukan sosialisasi parenting kepada orang tua murid TK Aisyiyah ABA 30.

Mengasuh anak merupakan suatu peran yang perlu dijalani dengan adanya pemahaman yang mumpuni agar sejalan dengan praktik yang dilakukan. Kurangnya pemahaman terkait pengasuhan akan berdampak pada kurang efektifnya pengasuhan yang diberikan. Berdasarkan situasi tersebut, sebagai bagian dari program pengabdian masyarakat, kelompok 08 juga menginisiasi penyelenggaraan kegiatan sosialisasi dengan tema “Parenting” yang berlokasi di TK Aisyiyah ABA 30 RW 13 Kelurahan Bandungrejosari, Kota Malang.

 

Gambar 5: Pertemuan dengan Kepala Sekolah TK Aisyiyah ABA 30

Kepala sekolah TK Aisyiyah ABA 30, Ibu Nurul menyambut baik program ini. Menurutnya, dengan adanya sosialisasi ini bisa membantu meningkatkan pemahaman orang tua khususnya dalam pengasuhan anak. Selain itu, juga bisa membantu meningkatkan akreditasi sekolah.

Pelaksanaan kegiatan ini meliputi penyampaian materi, diskusi serta tanya jawab antara narasumber dan peserta. Kegiatan bertujuan untuk memberikan pemahaman serta meningkatkan kesadaran kepada orang tua akan pentingnya pola asuh yang baik terhadap anak usia dini.

 

Gambar 6 dan 7 :Dokumentasi Selama Kegiatan Berlangsung

Dengan diadakannya progam-program kerja KKN ini, masyarakat RW 13 diharapkan dapat merasakan manfaat dari penerapan ilmu pengetahuan yang selama ini dipelajari di kelas oleh mahasiswa Unmer Malang.

UNMER Malang Percantik Balai RW & Lakukan Sosialisasi Parenting di RW 13 Bandungrejosari Malang
Exit mobile version