Kelurahan Bandungrejosari

Lansia Bandungrejosari Kolaborasikan Selantang dengan Lansia Smart

Lansia Bandungrejosari Kolaborasikan Selantang dengan Lansia Smart

Dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan para lanjut usia, Kelurahan bandungrejosari menyelenggarakan Kegiatan Sosialiasi Pemberdayaan Masyarakat Lanjut Usia Tahun 2024 bertempat di Hotel Pelangi, Jl. Merdeka Selatan Kota Malang, Selasa (27/08/2024).

Dibuka oleh Lurah Bandungrejosari, kegiatan di ikuti sekira 75 peserta yang terdiri dari anggota karang werdha, Pengurus TP PKK Kelurahan, Ketua Kelompok PKK RW, babinsa, bhabinkamtibmas, serta para lansia yang berasal dari perwakilan 13 RW yang ada di wilayah Kelurahan Bandungrejosari.;

Kegiatan yang mengangkat tema “Menjadi Lansia Tangguh dan Hebat” ini menghadirkan dua narasumber, yakni Ketua TP PKK Kecamatan Sukun Ibu Tri Maryati Widi Eika Wirawan, S.Pd dan Ketua Forum Komunikasi Karang Werdha Kota Malang sekaligus Penasehat Karang Werdha Krida Budaya Kel. Bandungrejosari Ibu Hj. Sulastri, A.Md

Narasumber pertama Tri Maryati, S.Pd memaparkan materi berjudul “Perlunya Selantang (Sekolah Lansia Tangguh) dalam mempersiapkan diri menjadi lansia tangguh dan hebat). Dalam paparannya, ia menjelaskan tujuh dimensi Lansia Tangguh yang mencakup dimensi Spiritual, Fisik, Intelektual, Emosional, Sosial Kemasyarakatan, Profesional Vokasional, dan dimensi Lingkungan.

Sementara itu Narasumber kedua, Hj. Sulastri, A.Md memaparkan Peran Forum Komunikasi Karang Werdha dalam Sekolah Lansia Kota Malang. Ia menjelaskan konsep Lansia Tangguh yang kini dikenal dengan istilah SMART (Sehat, Mandiri, Aktif dan Produktif). Selain itu ia juga memaparkan program dan capaian  kinerja Forum Komunikasi Karang Werdha Kota Malang selaku wadah bagi Karang Werdha dalam meningkatkan taraf hidup lansia di Kota Malang.

Dalam kesempatan tersebut juga ditampilkan kesenian tari Syalala oleh anggota Karang Werdha Kel. Bandungrejosari. Dari testimoni yang disampaikan peserta sosialisasi, secara umum para lansia sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut dan berharap segera didirikan Sekolah Lansia Tangguh (Selantang) di wilayah Kel. Bandungrejosari sebagai sarana peningkatan lansia yang mandiri, berguna dan berkualitas.*** (dmb)

Lansia Bandungrejosari Kolaborasikan Selantang dengan Lansia Smart
Exit mobile version